√ Untung Banyak Import Barang dari China - uangdunia

Conect to Uangdunia

Untung Banyak Import Barang dari China

Uangdunia.com
- Import/impor diartikan sebagai suatu proses transaksi barang atau jasa dari suatu negara ke negara lain secara legal yang umumnya dilakukan dalam proses perdagangan. Proses impor pada umunya adalah suatu kegiatan barang atau komoditas dari negara lain ke dalam negeri. Dalam setiap prosesnya, impor barang campur tangan dari bea cukai di negara pengirim ataupun negara penerima.

Sebelum berlanjut ke pembahasan yang lebih jauh, Anda harus mengetahui terlebih dahulu fungsi atau manfaat dari import. Manfaat atau fungsi dari kegiatan impor itu sendiri adalah memungkinkan suatu negara(skala besar) maupun perorangan (skala kecil) untuk memperoleh bahan baku, barang dan jasa suatu produk yang jumlahnya terbatas di dalam negeri ataupun yang tidak bisa dihasilkan di dalam negeri. Hal ini secara tidak langsung mendukung stabilitas negara.

Adapun keuntungan dan alasan-alasan pertimbangan yang harus anda ketahui dan Anda lakukan ketika ingin membeli barang dari China. Di antaranya ialah:

1. Harga Murah

Tahukah Anda bahwa barang-barang yang dijual di E-comerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll; harganya 2-5x lipat dari barang China. Barang dari China dijual begitu terjangkau, namun nilai jual yang terjadi bisa lebih dari itu. Maka dari itu, banyak sekali supplier dalam negeri yang menggantungkan seluruh kebutuhan produknya pada import China. Karena harga yang lebih terjangkau daripada memproduksi sendiri atau menggandeng vendor.

2. Kualitas Bagus

Meski dibanderol dengan harga yang tergolong murah, bukan berarti barang dari China tidak punya kualitas. Sebaliknya, barang-barang dari China justru punya kualitas yang tak kalah dengan barang-barang SNI. Bahan yang mereka pakai mayoritas sudah sesuai standar, begitu pula dengan proses perakitan di sana. China sudah dikenal sebagai negara produsen yang tak ingin kehilangan pelanggan, jadi mereka optimalkan kualitas barang.

3. Produksi Cepat

Satu hal yang paling identik dengan barang China adalah proses produksinya yang super cepat. Karena selain menggunakan mesin-mesin otomatis yang canggih, China juga punya tenaga kerja yang disiplin. Rata-rata penduduk China memiliki etos kerja yang tinggi. Mereka sangat disiplin untuk mengerjakan pekerjaan dengan seoptimal mungkin. Inilah yang membuat waktu produksinya begitu cepat dan efisien.

4. Via Marketplace

Jika Anda ingin mencoba membeli barang secara ecer maupun grosir (tidak terlalu banyak) dengan harga yang terjangkau dari China, bisa membeli lewat marketplace China yang sudah terpercaya. Berikut beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan:
  • Alibaba.com
  • Aliexpress.com
  • 1688.com
  • world.taobao.com

5. Via Jasa Importir

Jika Anda ingin import barang dari China dalam jumlah yang banyak, maka kami sarankan untuk menggandeng partner jasa importir terlebih dahulu sebagai pembelajaran awal. Mengapa harus mengguanakan jasa importir? Tidak perlu memikirkan supplier, Tidak perlu melakukan negosiasi, Tidak perlu repot urus cargo borongan, Tidak perlu mengurus dokumen cargo borongan, Tidak perlu repot urus pembayaran ke cargo borongan, dan masih banyak lagi kemudahan yang didapat menggunakan via jasa importir.

Penutup

Itulah tadi penjelasan dari keuntungan import barang dari China yang bisa anda terapkan pada bisnis anda. Namun, kegiatan tersebut memiliki dampak yang cenderung kearah negatif jika Anda import barang secara berlebihan dalam waktu yang lama. Dampaknya ialah produk dalam negeri akan mengalami persaingan lebih ketat dengan produk-produk luar negeri. Dalam beberapa kasus, produk dalam negeri seringkali justru mengalami kerugian besar akibat import besar-besaran.

Posting Komentar

Berikan komentar dengan bahasa yang sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Notifikasi Anda

Dapatkan secara gratis 3 lot saham bluechip, reksa dana, dan masih banyak lagi. Baru!!!

Dapatkan