√ Mengenal Cryptocurrency dan Cara Kerjanya - Uangdunia.com

Mengenal Cryptocurrency dan Cara Kerjanya

Belakangan ini popularitas Bitcoin tengah naik daun dan jadi topik perbincangan banyak orang. Bitcoin merupakan contoh salah satu dari cryptocurrency atau mata uang digital. Di era digital seperti sekarang, menggunakan mata uang digital dalam berbagai transaksi virtual menjadi sesuatu yang sudah biasa. Mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar kata Cryptocurrency atau ada pula yang sudah pernah menggunakannya, bahkan mungkin belum tahu sama sekali dengan yang namanya cryptocurrency. Cryptocurrency atau kripto adalah mata uang digital yang digunakan untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet. Mata uang kripto dibuat dengan teknik enkripsi yang cukup rumit dan dikelola oleh jaringan peer to peer serta berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang kripto.

Nama “cryptocurrency” berasal dari dua kata yang digabung, yaitu “cryptography” yang berarti kode rahasia, dan “currency” yang berarti mata uang. Jika digabungkan maka memiliki makna "mata uang yang terbuat dari kode-kode rahasia". Mata uang kripto sudah ada sejak sepuluh tahun lalu dan sekarang menjadi lebih populer, tersebar luas, dan menimbulkan banyak kontroversi akibat perkembangannya yang sangat inovatif. Sampai saat ini sudah ada 904 jenis mata uang digital atau cryptocurrency dan yang paling terkenal adalah Bitcoin.

Tidak seperti mata uang konvensional umumnya yang bersifat terpusat, mata uang digital justru bersifat desentralisasi. Artinya, tidak ada pihak yang hadir dan berperan sebagai perantara dalam suatu transaksi. Transaksi dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima atau lebih sering disebut peer-to-peer. Namun, seluruh transaksi yang dilakukan tetap tercatat dan terpantau dalam sistem jaringan cryptocurrency. 

Bagaimana Cara Cryptocurrency Bekerja?


Dalam transaksi kripto, ada dua proses yaitu enkripsi dan dekripsi. Kedua proses inilah yang membedakan transaksi menggunakan kriptografi dengan transaksi konvensional pada umumnya. Dalam transaksi kripto, metode transaksi dari pengirim ke penerima tidak melalui perantara. Ada sebuah sistem yang membuat pengguna bertransaksi dengan aman. Sistem tersebut dikenal dengan nama blockchain. Apa sih blockchain? blockchain ibarat sebuah buku yang memuat setiap transaksi dalam sebuah sistem. Blockchain tidak bisa diretas, berbeda dengan sistem di bank konvensional yang bisa saja diretas oleh seorang hacker. Ketika hacker ingin meretas blockchain, maka ia harus meretas sistem semua pengguna blockchain.

Agar bisa berkecimpung di dunia kripto, Anda harus membeli koin Bitcoin dengan nominal tertentu, atau menjadi seorang penambang. Namun, untuk menjadi seorang penambang (miner), Anda memerlukan perangkat komputer yang canggih untuk mencatat semua aktivitas transaksi. Seorang penambang akan mendapatkan komisi berupa uang virtual dari aktivitas tersebut.

Posting Komentar

Berikan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Notifikasi Anda

Belanja followers kualitas premium cuma di dewafollowers.com UPDATE

Pesan sekarang

Jasa sumur bor aman, murah dan terpercaya area Yogyakarta dan sekitarnya. Alat bor yang digunakan sangat berkualitas dan telah teruji untuk daerah bebatuan, tanah padas maupun tanah liat bisa!!! UPDATE

Pesan sekarang

Ayo buruan gabung di forum FOLLOWERS INDONESIA dan tingkatkan jumlah followermu dengan cara kolaborasi sesama pengguna forum!!! UPDATE

Gabung Sekarang