√ Istilah Umum Yang Sering di Gunakan di Dunia Saham - uangdunia

Conect to Uangdunia

Istilah Umum Yang Sering di Gunakan di Dunia Saham

Uangdunia.com
- Terjun di dunia pasar modal atau sering disebut saham tentunya tidak hanya sekedar modal nekat dan asal main saja. Tidak sedikit dari mereka yang berniat ingin menginvestasikan uangnya dengan harapan bisa untung malah kemudian merugi. Selain persiapan dana yang cukup, pengetahuan berbagai macam istilah saham menjadi kunci kesuksesan investasi saham. Dapatkan secara gratis 3 lot saham blue chip, reksa dana, dan masih banyak lagi!!!

Ada banyak faktor kenapa kebanyakan investor pemula mudah untuk terkena aktivitas penipuan. Salah satunya karena minimnya pengetahuan berbagai istilah yang ada dipasar modal. Oleh karena itu, jika Anda akan memulai investasi saham sebaiknya Anda mempelajari  terlebih dahulu seluk-beluk investasi tersebut. Banyak sekali istilah yang harus Anda ketahui sebelum akhirnya benar-benar memutuskan untuk terjun ke dunia investasi. Berikut kamus lengkap istilah saham yang wajib anda tahu:

Mengenal Istilah-Istilah yang Umum di Gunakan di Dunia Saham


1. Akuisisi

Akuisisi adalah pengambilan alih suatu perusahaan oleh perusahaan lain dengan cara membeli seluruh saham perusahaan tersebut.

2. Annual Report

Annual report adalah pencatatan hasil keuangan atau laporan keuangan yang dilakukan setiap tahun dan telah mendapat persetujuan pemegang saham di rapat umum.

3. Auto Rejection

Auto rejection adalah suatu batasan dari pergerakan harga saham seperti pada saat posisi naik dan turun.

4. Bearish

Bearish adalah suatu harga saham yang menunjukkan dalam keadaan turun.

5. Bid (demand)

Bid adalah penawaran yang dilakukan/diminta oleh pihak pembeli saham.

6. Ask (suplay)

Ask adalah kebalikan dari Bid yaitu dimana harga trader melakukan antri jual.

7. Blue Chip

Blue Chip adalah suatu kumpulan saham unggulan dari perusahaan besar dan profesional dengan reputasi baik serta mudah untuk diperjualbelikan.

8. Broker

Broker adalah suatu perusahaan maupun perorangan yang bekerja sebagai perantara antara investor dan perusahaan di dunia jual beli saham.

9. Lot

Lot adalah satuan terkecil untuk dapat melakukan transaksi pembelian maupun penjualan saham.

10. Take Profit

Take Profit adalah pengambilan keuntungan yang dilakukan saat trader sudah mempunyai saham diharga bawah dan pada saat harga sudah naik memberikan profit, trader akan mengambil dan merealisasikan profitnya.

11. Stop Loss

Stop Loss adalah berhenti dari kerugian atau mencegah kerugian yang dialami tidak bertambah (semakin rugi) maka trader perlu untuk melakukan Stop Loss agar kerugiannya (loss) berhenti (stop).

12. Running trade

Running trade adalah tampilan transaksi-transaksi saham yang terjadi di bursa setiap detiknya secara real time.

13. Buy Up

Buy Up adalah mewakili saat ada trader yang melakukan pembelian langsung pada harga Ask.

14. Teknikal analisis

Teknikal analisis adalah salah satu cara bagi trader untuk bisa memprediksi pergerakan harga menggunakan chart.

15. Support

Support adalah level Alas atau bekingan, merupakan level dimana harga cenderung diprediksi tidak bergerak dibawah level ini.

16. Resisten

Resisten adalah pembatas atau merupakan level dimana harga cenderung diprediksi tidak bergerak diatas level ini.

17. Break out

Break out adalah dimana level resisten tidak dapat menahan kenaikan harga. Biasanya pada saat Break Out harga saham akan bergerak rally naik keatas dengan sangat agresif. Break Out biasa terjadi apabila ada good news dr perusahaan penerbit saham maupun isu regional dan global.

18. Break down

Break down adalah dimana level support tidak dapat menahan penurunan harga. Biasanya pada saat breakdown suatu saham akan turun habis-habisan dengan sangat agresif. Break down juga biasa terjadi saat ada isu-isu yang kurang bagus baik secara domestic maupun global.

19. Fundamental analisis

Fundamental analisis adalah cara trader menelaah pergerakan harga berdasarkan data ekonomi dan berbagai berita yang sedang diperbincangkan di pasar finansial.

20. IDX

IDX merupakan singkatan dari Indonesia Stock Exchange adalah Bursa Saham Indonesia.

21. IHSG

IHSG merupakan singkatan dari Index Harga Saham Gabungan. Nama dari bursa saham Indonesia.

22. KSEI

KSEI merupakan kepanjangan dari Kustodian Sentral Efek Indonesia. Lebih tepatnya bank-nya saham.

23. RDI

RDI merupakan singkatan dari Rekening Dana Investor. RDI adalah bank yang digunakan oleh trader untuk menyelesaikan transaksi pembayaran untuk setiap pembelian maupun penjualan.

24. RDN

RDN (sama dengan RDI) merupakan singkatan dari Rekening Dana Nasabah. RDN adalah bank yang digunakan oleh trader untuk menyelesaikan transaksi pembayaran untuk setiap pembelian maupun penjualan.

Penutup

Itulah tadi Istilah-istilah umun yang sering digunakan dalam dunia saham, jika Anda memiliki singkatan umum yang belum kami masukkan list diatas silakan komen dibawah artikel ini. Kami akan terus berusaha update kembali supaya kamus istilah di dunia saham ini semakin lengkap.

Posting Komentar

Berikan komentar dengan bahasa yang sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Notifikasi Anda

Dapatkan secara gratis 3 lot saham bluechip, reksa dana, dan masih banyak lagi. Baru!!!

Dapatkan