√ Cara Membeli Saham Untuk Pemula - Uangdunia.com

Cara Membeli Saham Untuk Pemula

Uangdunia.com
- Mungkin pernah terbesit pertanyaan dalam diri anda mengenai bisakah membeli saham-saham perusahaan besar yang ada di Indonesia? atau apakah bisa melakukan pembelian ke perusahaan tersebut secara langsung? jawabannya sangat bisa sekali. Namun, tidak seperti itu caranya, jika Anda ingin membeli saham, Anda harus melakukan hal tersebut di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tetapi Jual-beli saham tak dapat Anda lakukan sendiri meskipun Anda datang secara langsung ke BEI. Seluruh transaksi di Bursa Efek hanya dapat dilakukan melalui perantara pedagang saham atau dikenal broker saham. Kini, jual-beli saham bisa dilakukan secara online.

Jadi, cara pertama untuk membeli saham adalah dengan melakukan membuka rekening di perusahaan broker atau perantara perdagangan efek saham. Perusahaan ini dikenal juga dengan sebutan sekuritas. Agar dapat melihat perusahaan sekuritas(broker) yang telah ada di kota anda, kalian bisa kunjungi di situs www.idx.co.id pada tab menu : Anggota Bursa: Anggota Bursa di kota Anda.

Dokumen apa saja yang dibutuhkan, berapa minimal deposit dana, berapa biaya transaksi, dan bla bla bla? Untuk ketentuan dan syarat-syarat dalam membuka rekening saham dapat Anda tanyakan langsung kepada masing-masing perusahaan sekuritas. 

Harus Anda ketahui bahwa rekening transaksi saham yang telah disediakan sekuritas(broker) terdiri dari dua macam yaitu membeli saham secara online dan membeli saham secara offline. Berikut penjelasannya:

Membeli Saham Online

Tak dapat dipungkiri, kemajuan internet yang pesat membawa angin segar bagi kemajuan sistem perdagangan di pasar bursa. Pada akhirnya perdangan saham pun juga bisa dilakukan secara online. Jika sebelumnya transaksi di bursa efek jakarta dilakukan secara manual, sekarang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun yang membuat transaksi dan distribusi saham menjadi lebih efisien.

1. Online Trading

Online Trading atau lebih dikenal dengan singkatan OLT semakin dikenal akhir-akhir ini. Pasalnya, dengan melakukan trading online akan menghemat waktu Anda. Anda tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah untuk melakukan transaksi saham.

Online Trading tidaklah sulit. Semua orang yang memiliki jaringan komputer maupun smartphone dan internet bisa ikut serta dalam melakukan online trading. Bahkan terdapat sejumalah situs gratis di internet yang bisa membantu Anda berlatih dengan simulasi trading.

Konsep bermain saham online sebenarnya tak jauh beda dengan main saham cara biasa, yaitu sama-sama membeli dan menjual saham dengan tujuan mendapatkan keuntungan fluktuasi naik turunnya harga saham di pasaran. Hanya saja, nilai plus online trading adalah investor atau pemilik saham bisa melakukan transaksi sendiri melalui internet tanpa bantuan pialang. Tetapi, investor dapat tetap membutuhkan perusahaan sekuritas, meski melalui online trading dan tak perlu repot melalui pialang dulu sebelum mengeksekusi saham-saham pilihan.

Agar dapat menjamin rasa aman dalam bertransaksi, jangan lupa memilih perusahaan sekuritas yang sudah terjamin bonafid, memiliki kredibilitas yang bagus, serta memiliki sarana dan prasarana yang baik. Salah satunya adalah kualitas server internet yang besar sebagai salah satu pendukung aktivitas online trading.

2. Memilih Broker Saham Online Yang tepat

Ketika Anda harus memilih broker, pilihlah broker yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia(BEI). Info mengenai nama-nama broker dan perusahaan efek yang terdaftar bisa Anda temukan dalam situs resmi milik Bursa Efek Indonesia atau IDX. Hingga saat ini, tercatat sejumlah 100 lebih broker di IDX atau Bursa Efek Indonesia. Mereka pada umumnya memiliki lisensi perantara dagang efek, penjamin emisi efek, dan sebagian kecil juga memiliki lisensi sebagai manajer investasi.

Lantas bagaimana cara memilih broker saham yang tepat? sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu beberapa hal berikut ini:
  • Aktivitas keseharian broker tersebut. Cek apakah broker tersebut aktif di Burasa Efek indonesia.
  • Periksalah izin perusahaan sekuritas tempat broker bernaung. Apakah sudah mendapatkan izin dari lembaga berwenang, dalam hal ini OJK dan IDX.
  • Carilah info mengenai broker terbaik yang sudah ada, meski kalian harus antre untuk dapat bekerja sama dengan sang broker andalan.

Membeli Saham Offline

Membeli saham secara offline sudah lebih dulu dilakukan oleh banyak orang sebelum adanya transaksi online. Untuk Anda yang baru saja memulai investasi saham dan ingin melakukan transaksi secara offline atau langsung, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
  • Kunjungi perusahaan sekuritas pilihan Anda kemudian bukalah rekening efek disana. 
  • Sertakan tanda pengenal seperti fotokopi KTP atau Pasport Anda yang masih berlaku.
  • Isilah formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh perusahaan sekuritas.
  • Selanjutnya tentukan deposit awal.

1. Kunci Membeli Saham Offline

Berikut ini ada beberapa kunci atau kiat bagi Anda tentang bagaimana cara membeli saham offline atau langsung yang aman:
  • Pastikan bahwa Anda telah menentukan perusahaan efek yang tepat untuk kalian. Lakukanlah survei atau riset kecil-kecilan untuk mencari perusahaan efek atau sekuritas yang tepat untuk kalian.
  • Pilihlah broker/pialng yang sesuai dengan Anda, kalian bisa memulainya dengan mencari info tentang broker-broker bagus serta melakukan wawancara ringan dengan mereka sebelum menjatuhkan pilihan.
  • Rancanglah portofolio saham Anda secara cermat.dan secara rinci mungkin bersama manajer investasi kalian.
  • Berinvestasilah pada saat yang tepat. Jangan terbawa emosi saat memutuskan untuk membeli atau menjual saham.
  • Selalu menambah ilmu mengenai dunia investasi saham. Bisa dengan mengikuti seminar, membaca buku-buku tentang saham, berdiskusi dengan teman yang memiliki minat yang sama, berdiskusi dengan pialang Anda, browsing di internet dan sebagainya.
  • Tentukan modal awal Anda berinvestasi dan yakinkan bahwa tersebut bukan dana primer Anda.
  • Yakinkan untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Siap untung dan siap rugi.

Kesimpulan

Bagaimanapun juga, keputusan ada ditangan Anda. Apakah akan memilih online trading ataukah offline trading atau transaksi konvesional. Semuanya hanya kembali pada satu-satunya tujuan Anda berbisnis saham, yaitu return tinggi.

Posting Komentar

Berikan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Notifikasi Anda

Jasa sumur bor aman, murah dan terpercaya area Yogyakarta dan sekitarnya. Alat bor yang digunakan sangat berkualitas dan telah teruji untuk daerah bebatuan, tanah padas maupun tanah liat bisa!!! UPDATE

Pesan sekarang

Ayo buruan gabung di forum FOLLOWERS INDONESIA dan tingkatkan jumlah followermu dengan cara kolaborasi sesama pengguna forum!!! UPDATE

Gabung Sekarang