√ 10 Ide Bisnis Sampingan Bermodal Kecil - uangdunia
Dibayar jadi penulis konten?Klik disini
Selamat datang di situs kami Uangdunia.com, kami senantiasa memberikan informasi seputar ekonomi dan finansial terbaru dan terpercaya. Informasi dan berita yang kami tampilkan sesuai kejadian menurut fakta yang terjadi serta data faliditas yang telah teruji oleh tim redaksi Uangdunia.com.

10 Ide Bisnis Sampingan Bermodal Kecil

Uangdunia.com
- Bisnis sampingan mungkin menjadi jalan alternatif bagi siapapun yang menjalaninya dengan tujuan menambah penghasilan. Sayangnya, banyak diantara kita yang belum memulai bisnis sampingannya karena alasan keterbatasan modal usaha.

Banyak pula diantara kita beranggapan bahwa harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan. Tidak heran, beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha.

Kemungkinan besar, jika bisnis tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut malah akan membebani usahanya. Ujung-ujungnya bukan penghasilan yang diperoleh namun stres karena harus membayar cicilan dan bunga pinjaman tersebut.

Berita baiknya, Anda bisa menjalankan usaha sampingan dengan modal kecil. Berikut 10 ide usaha sampingan yang perlu Rp 10 juta atau kurang untuk memulainya.

1. Menjual Pulsa
Menjual pulsa merupakan ide bisnis yang menjajikan karena semakin tahun semakin meningkat pula pengguna telepon seluler. Kebutuhan pulsa pun meningkat yang menjadikan ide bisnis ini cukup menggiurkan.

Untuk memulai bisnis pulsa tersebut, modal yang harus Anda sediakan tidak banyak, yaitu berkisar dari Rp 1 juta s.d Rp 3 juta. Sedangkan untuk target konsumen Anda bisa saja teman sepekerjaan atau tetangga rumah Anda.

2. Menjual Makanan (Catering)
Menyediakan makanan catering merupakan ide bisnis sampingan yang menjanjikan bagi Anda. Hal ini karena banyak karyawan yang kerepotan menyediakan sendiri sarapannya.

Menariknya, Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah Anda untuk menjual makanan tersebut. Selain itu, menu yang Anda tawarkan bisa beragam.

Modal yang perlu Anda miliki untuk memulai usaha makanan ini sekitar Rp 4 juta per bulan. Sekitar 80% uang tersebut untuk membeli bahan baku masakan. 20% sisanya untuk membeli bahan bakar dan transportasi.

3. Membuat Website
Jika Anda mengira bahwa membuat website tidak mungkin berpenghasilan itu sangat salah sekali. Bahkan sebaliknya, dengan memiliki website anda bisa menghasilkan uang banyak jika website dikelola dengan baik.

Pondasi untuk menghasilkan banyak uang dari sebuah website adalah postingan berkualitas. Anda bisa mencobanya dengan menulis postingan sesuai pekerjaan Anda sekarang.

Lantas dari mana uang berasal jika kita membangun website? ada banyak jalan jika kita mengelola website dengan baik. Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah dari Jasa periklanan seperti Google Adesense, Mgid, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda bisa memasarkan produk di situs website Anda sendiri, mengikuti program afiliasi, iklan mandiri, dan masih banyak lagi.

Modal yang perlu Anda sediakan untuk memulai membangun website paling banyak Rp 1 juta setahun. Asumsinya, Anda membeli domain dan hosting di penyedia hosting lokal, dan membuat postingan sendiri.

4. Membuat Toko Online
Seperti halya membuat website, membuat toko online juga sedang ngetren. Salah satu alasannya adalah gaya berbelanja masyarakat sekarang yang mulai bergeser ke arah gaya berbelanja online. Jika di lihat dari sisi barang yang dijual, Anda bisa menjual barang sendiri atau barang orang lain. Barang fisik maupun nonfisik.

Membuat toko online sendiri juga cukup mudah, jika ingin berbasis website Anda tinggal mengacu poin ke3 (membuat website). Namun, jika menurut Anda itu sulit dan maupun keterbatasan modal, Anda masih bisa membuat toko online di marketplace seperti bukalapak, tokopedia, olx dan masih banyak lagi.

5. Jasa Les Privat
Anda memiliki keterampilan berbahasa, teknik menghitung, bermusik atau yang lainnya? jika anda memiliki keterampilan tersebut bisa jadi penghasil uang sampingan dengan modal yang sangat kecil. Keterampilan tersebut bisa Anda jadikan usaha sampingan dengan mendirikan jasa les privat.

Patokan biaya les privat yang harus dibebankan terhadap peserta bergantung pada kondisi ekonomi di tempat Anda. Jika kondisi ekonomi masyarakat kurang, tetapkan harga kursus setengahnya dari harga di kota besar.

Jika Anda berencana ingin membuat les privat yang sederhana namun cukup nyaman bagi peserta, Anda cukup mengeluarkan biaya di bawah R p 1 juta dengan asumsi Anda tidak menyewa tempat kursus. Modal tersebut untuk membeli kursi, meja, papan tulis, spidol, penghapus, dan air mineral.

6. Menjual Foto di Internet
Jika Anda seorang penghobi fotografi Anda bisa menghasilkan uang dengan foto-foto tersebut dengan menjual foto tersebut secara online. Untuk pemula, cobalah dua situs penjualan foto terpuler berikut: Istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan ShutterStock.com (komisi 20-30%). Selanjutnya carilah informasi situs lain yang bisa membayar hasil karya foto Anda.

Selain itu, siapkan juga akun PayPal Anda agar Anda mudah menerima komisi yang diperoleh dari beberapa situs tersebut.

Mengenai modal yang perlu Anda siapkan untuk usaha sampingan ini dapat dibilang tanpa modal. Asumsinya Anda menggunakan kamera digital yang Anda miliki dan dana koneksi internet dimasukkan dalam anggaran bulanan Anda.

7. Jasa Pengetikan
Jika Anda tinggal dilingkungan sekola maupun kampus, jasa pengetikan akan menjadi sumber dana yang melimpah untuk Anda. Tidak sedikit dari siswa dan mahasiwa yang malas mengetik tugas atau skripsinya yang menjadikannya harus mencari jasa ketik.

Mengenai tarif, Anda bisa menawarkan tarif per halaman atau jumlah kata. Sebagai contoh, Rp 2.000 untuk per halaman atau Rp 2.000 untuk per 1000 kata.

8. Makelar Properti
Di lingkungan tempat tinggal Anda ada perumahan atau apartemen baru? Jika iya, Anda bisa menjadi makelar properti tersebut dengan menawarkan ke teman-teman kerja Anda. Namun, tentu saja Anda harus bekerja sama dulu dengan pihak pemasaran properti tersebut sehingga Anda tahu batas profit atau bonus yang akan Anda dapatkan seandainya Anda bisa menjual sebuah unit atau lebih.

Untuk menjadi makelar properti, Anda tanpa perlu modal dalam bentuk uang. Modal yang Anda perlukan berupa kepercayaan, baik dari pemilik atau calon pembeli properti. Selain itu, Anda harus memiliki sedikit ilmu pemasaran agar lancar menawarkan properti ke teman-teman kerja Anda atau orang lain.

9. Membuat Warkop Sederhana
Ide bisnis sampingan lain yang bisa Anda coba adalah membuat warung kopi sederhana. Usaha ini sangat cocok jika lokasi rumah Anda terletak di seputar kampus atau kawasan industri.

Bisnis warkop sangat menjanjikan karena keuntungan yang diperoleh bisa berlipat-lipat. Sebagai contoh, modal segelas kopi adalah Rp 2.000 dan Anda menjualnya seharga Rp 4.000.

Selain itu, Anda juga bisa menjual makanan dan minuman lain, seperti jus, teh manis, gorengan, dan mie instan rebus/goreng. Bukan hanya itu, warkop sederhana ini bisa Anda perbesar nantinya jika omsetnya terus bertambah.

10. Jasa Penerjemah
Jika Anda seorang yang mahir suatu bahasa, Anda bisa menghasilkan uang dengan membuka jasa penerjemahan. Usaha sampingan ini relatif tidak merepotkan karena Anda bisa lakukan sebelum atau sesudah kerja maupun kuliyah.

Jasa penerjemahan bisa dibilang tanpa modal jika Anda sudah memiliki laptop, mesin cetak, dan tiap bulannya rutin internetan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Google Translate jika Anda sekarang tidak punya kamus untuk melihat arti kata-kata asing yang Anda tidak ketahui.

Anda bisa membuka jasa penerjemahan ini di lingkungan tempat tinggal Anda atau bergabung di pasar online yang menyediakan jasa penerjemahan.

Penutupan
Modal kecil mestinya bukan menjadi penghambat Anda dalam memiliki usaha sampingan.  Jadi, pilih salah satu dari 10 ide bisnis sampingan di atas yang cocok dengan situasi dan kondisi Anda.

Setelah itu, buat rancangan bisnisnya sehingga Anda bisa mengelola usaha sampingan tersebut dengan baik.

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Lihat Dokumen

Dokumen tidak tersedia