√ Waspada Penipuan Lowongan Kerja! Berikut Ciri-Cirinya - Uangdunia.com

Waspada Penipuan Lowongan Kerja! Berikut Ciri-Cirinya

Di era perkembangan yang makin lama makin serba digital ini memudahkan masyarakat mendapat berbagai informasi termasuk informasi lowongan kerja. Kini, hanya dengan membuka telepon pintar, informasi tentang lowongan kerja bisa langsung Anda akses.

Namun, masyarakat harus tetap waspada, sebab tidak sedikit informasi lowongan kerja yang ternyata palsu belaka. Bahkan jika Anda tidak berhati-hati, maka Anda bisa menjadi korban penipuan.

Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda mengenali ciri-ciri lowongan kerja palsu agar para pencari kerja tidak menjadi korban penipuan. Berikut informasi yang kami kutip dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri lowongan kerja palsu:

1. Tata Bahasa dan Penulisan

Ketika Anda menerima informasi lowongan kerja, maka hal yang paling utama adalah perhatikan tata bahasa yang digunakan oleh pengirim lowongan. Jika ada kalimat yang tidak tepat seperti tidak etis dituliskan oleh sebuah perusahaan atau bahkan typo pada penulisan, patut diwaspadai.

2. Cek Alamat Perusahaan

Penting bagi Anda para pencari kerja untuk mengetahui alamat perusahaan yang mengirimi lowongan kepada Anda. Langkah awal yang bisa Anda lakukan ialah mengecek keberadaan dan kebenaran alamat perusahaan menggunakan Google Maps.

3. Cek domain Perusahaan

Pada umumnya sebuah perusahaan memiliki domain atau website tersendiri dan biasanya domain yang digunakan situs perusahaan menggunakan .co.id, .id, .com, dan .co. Meskipun begitu, anda jangan mudah tertipu, priksa kembali domain perusahaan tersebut.

4. Hindari SMS minta Transfer Uang

Anda harus berhati-hati dengan iming-iming lowongan kerja lewat pesan singkat atau SMS dari nomor telepon yang anda tidak kenal. Apalagi jika sampai diminta mengirimkan sejumlah uang dengan iming-iming mendapat pekerjaan. Sebab sudah tidak sedikit masyarakat yang menjadi korban.

5. Lokasi Interview Berbeda dengan Alamat Kantor Resmi

Salah satu ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online juga bisa ditandai dengan lokasi interview yang berbeda dengan kantor pusat resminya. Jika Anda terlanjur sampai ke tempat interview,  amati lokasi dan lingkungan kantor yang didatangi.

6. Informasi Besaran Gaji Tak Normal

Pastinya setiap orang menginginkan pekerjaan dengan gaji besar. Tetapi jika tak sesuai dengan jabatan atau deskripsi pekerjaan dan persyaratan yang terlalu mudah maka bisa jadi tawaran pekerjaan dengan gaji besar masuk ke dalam ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online.

7. Persyaratan yang Begitu Mudah

Ciri-ciri penipuan lowongan kerja via online yang patut anda hindari adalah persyaratan pelamar kerja yang terlampau mudah. Pastinya setiap pekerjaan tentu akan menyesuaikan antara level jabatan dengan tingkat pendidikan, pengalaman, dan deskripsi pekerjaan dengan kemampuan calon pegawai, serta hal-hal lainnya yang perlu dipertimbangkan. Dengan persyaratan yang terlampau mudah, para oknum biasanya hanya menyebutkan nama perusahaan tapi tidak menyebutkan nama pekerjaan. Jika Anda menemui hal tersebut maka Anda wajib curiga.

Lowongan kerja palsu ialah sekian dari ratusan modus penipuan lainnya. Untuk itu selalu waspadalah dan berhati-hati agar terhindar menjadi korban penipuan.

Posting Komentar

Berikan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Notifikasi Anda

Jasa sumur bor aman, murah dan terpercaya area Yogyakarta dan sekitarnya. Alat bor yang digunakan sangat berkualitas dan telah teruji untuk daerah bebatuan, tanah padas maupun tanah liat bisa!!! UPDATE

Pesan sekarang

Ayo buruan gabung di forum FOLLOWERS INDONESIA dan tingkatkan jumlah followermu dengan cara kolaborasi sesama pengguna forum!!! UPDATE

Gabung Sekarang