√ Mengenal Saham Gorengan beserta Ciri-cirinya - Uangdunia.com

Mengenal Saham Gorengan beserta Ciri-cirinya

Uangdunia.com - Sejatinnya saham terbagi menjadi 3 jenis, diantaranya yaitu, Saham unggulan (blue chip), Saham lapis kedua, dan Saham lapis ketiga atau lebih dikenal saham gorengan. Agar bisa membedakannya, biasanya saham blue chip kapitalisasinya diatas Rp4 triliun dengan tingkat pengembalian modal di atas 20, setiap tahun membagikan dividendan likuiditasnya tinggi. Sementara kapitalisasi saham lapis kedua lebih rendah, sekitar Rp 1- 4 triliun, mayoritas perusahaannya dalam kategori menengah namun fundamentalnya masih bagus. Sedangkan saham lapis ketigafundamentalnya kurang bagus, tapi menarik karena harganya murah dan sangat fluktuatif dan telah dikenal sebagai saham gorengan. Biasanya memiliki harga saham berkisar Rp.500,- dan bisa lebih rendah.

Apa yang dimaksud dengan saham gorengan? apakah istilah tersebut memang betul-betul ada atau hanya kalimat yang biasa digunakan saat bergurau saja? Simak penjelasan mengenai saham gorengan berikut ini.

Tidak sedikit saham di bursa sering beratraksi dengan kenaikan sangat tinggi tanpa didasari fundamental perusahaan yang kuat. Para pelaku pasar biasanya menyebut saham yang demikian dengan nama Saham Gorengan karena harganya yang meletup-letup. Dan saham gorengan memang benar-benar adanya.

Dibalik pergerakannya tersebut, dicurigai ada pihak-pihak yang menggerakan saham tersebut alias ada bandarnya yang menjadikan pergerakannya tidak murni sesuai mekanisme pasar.

Biasanya “Sang Bandar” menggunakan teknik Wash sale, yaitu transaksi semu seolah-olah terjadi transaksi yang ramai antar investor secara bebas. Namun, sebenarnya proses tersebut dilakukan oleh beberapa investor saja.

Hal ini bertujuan untuk menarik investor untuk masuk, terutama yang masih awam agar membeli saham di harga premium. Ketika antrian pada saham tersebut sudah di atas modal rata-rata sang bandar, mereka akan menjual sahamnya untuk memperoleh keuntungan dan tidak memperdulikan nasib investor.

Ciri-ciri saham gorengan:
  • Pernah terindikasi Unusual Market Activity (UMA)
  • Volumenya Turun-Naik Secara Drastis
  • Berasal dari Saham-Saham Lapis Dua dan Tiga
  • Tidak Didukung  Fundamental Perusahaan

Jika Anda adalah salah satu investor pemula, sebaiknya hindari saham gorengan. Lebih baik mulai investasi pertamamu dengan membeli saham-saham bluechip.

Posting Komentar

Berikan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Notifikasi Anda

Jasa sumur bor aman, murah dan terpercaya area Yogyakarta dan sekitarnya. Alat bor yang digunakan sangat berkualitas dan telah teruji untuk daerah bebatuan, tanah padas maupun tanah liat bisa!!! UPDATE

Pesan sekarang

Ayo buruan gabung di forum FOLLOWERS INDONESIA dan tingkatkan jumlah followermu dengan cara kolaborasi sesama pengguna forum!!! UPDATE

Gabung Sekarang